Jumat, 21 September 2012

Ucapan

Pengenalan ucapan atau pengenalan wicara—dalam istilah ulasa inggrisnya, automatic speech recognition ( asr )—adalah satu pengembangan tehnik serta sistem yang sangat mungkin computer buat terima masukan berbentuk kata yang diucapkan. teknologi ini sangat mungkin satu perangkat buat mengetahui serta mengerti kalimat yang diucapkan dengan langkah digitalisasi kata serta mencocokkan tanda digital tersebut dengan satu pola spesifik yang tersimpan didalam satu perangkat. kalimat yang diucapkan diubah memiliki bentuk jadi tanda digital dengan langkah merubah gelombang nada jadi sekumpulan angka yang lantas sesuai dengan kode-kode spesifik buat mengidentifikasikan kalimat tersebut. hasil dari identifikasi kata yang diucapkan bisa ditampilkan didalam wujud tulisan atau bisa dibaca oleh perangkat teknologi untuk jadikan sesuatu komando buat lakukan satu pekerjaan, contohnya penekanan tombol pada telephone genggam yang dikerjakan dengan otomatis dengan komando nada. 

Alat pengenal ucapan, yang kerap disebut dengan speech recognizer, memerlukan sampel kata sesungguhnya yang diucapkan dari pengguna. sampel kata dapat didigitalisasi, disimpan didalam computer, serta lantas dipakai untuk jadikan basis data saat mencocokkan kata yang diucapkan berikut. sebagian besar alat pengenal ucapan karakternya masih bergantung pada pengeras nada. alat ini cuma bisa mengetahui kata yang diucapkan dari satu atau dua orang saja serta cuma dapat mengetahui kalimat terpisah, yakni kalimat yang didalam penyampaiannya ada jeda antar kata. cuma beberapa kecil dari peralatan yang memakai teknologi ini yang karakternya tidak bergantung pada pengeras nada. alat ini telah bisa mengetahui kata yang diucapkan oleh banyak orang serta juga bisa mengetahui kalimat kontinu, atau kalimat yang didalam penyampaiannya tidak ada jeda antar kata. 
pengenalan ucapan didalam perubahan teknologinya adalah bagian dari pengenalan nada ( proses identifikasi seseorang menurut suaranya ). pengenalan nada sendiri terbagi jadi dua, yakni pengenalan pengguna ( identifikasi nada menurut orang yang bicara ) serta pengenalan ucapan ( identifikasi nada menurut kata yang diucapkan ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar